Wednesday, August 15, 2012

memperbaiki Masalah PC yang sering panas dan lambat, dan cara merawat PC atau laptop dengan benar


Halo Sobat TKJ ! apa kabar hari ini ??? semoga baik-baik saja, kali ini, saya ingin share sedikit tips agar PC/laptop anda tetap Awet dan Tahan lama, apalagi barang Elektronik jaman sekarang Cepat Rusak, kalau kata teman saya si ACER (Asal Cepat Rusak) maaf ya bagi pengguna Acer :) hehehe hanya sebuah lawakan biar tidak terlalu tegang,

Ok deh, bagaimana cara agar laptop/PC kita bisa tahan lama ??
nah kata orang-orang sih, dari permasalahan, kita bisa mendapat cara agar permasalahan itu dapat selesai, maka kita bisa dapat cara merawat laptop/PC dari permasalahan nya :D he he he

Berikut ini adalah beberapa penyebab kinerja laptop / PC menjadi lambat dan cepat panas :
1.Terlalu banyak menginstal program.
Berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai teknisi Komputer, laptop kecil-kecilan, saya sering di minta untuk menginstal ulang oleh pasien-pasien saya, dan tentu nya ada banyak penyebab nya mengapa mereka menginstal ulang, salah satu nya karena Laptop atau PC nya Lambat, padahal spesifikasi Laptop nya sudah lumayan, nah hal itu lah yang saya manfaatkan, bukan nya saya instal ulang, mala saya repair (maintenance) saja :D hehehe hitung-hitung hemat waktu. saya melihat banyak Applikasi yang terinstal di dalam laptop nya, seperti : Adobe Dream weaver,Photoshop,core draw, autocad,game Need for Speed Most Wanted,GTA,PES 2011,dan lain nya yang tidak mungkin saya sebutkan, karena kebanyakan orang asal menginstal saja, tidak memikirkan resiko nya, untung nya RAM,VGA,HDD, dan lain-lain nya belum down, maka dia masih dalam keadaan Aman. Maka saya sarankan kepada anda instal program yang tidak perlu, cara me remove nya sederhana, tinggal klik start > control panel > Programs > uninstal
atau bisa dari disk C > program files > pilih software yang tidak anda butuhkan


2.Terlalu banyak program di startup dan service yang berjalan.
Biasanya saat kita menyalakan laptop, ada beberapa aplikasi yang langsung running secara otomatis. Beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis tersebutlah yang merupakan program startup.
anda bisa setting dari Start > RUN atau windows + R lalu ketik msconfig
lihat gambar di bawah, enable yang di perlukan saja


3.Temporary file yang terlalu menumpuk.
Biasanya bila terus dibiarkan, temporary file pada laptop akan terus menumpuk dan semakin membengkak, dan akan menghabiskan size HDD,dan membuat loading akan terasa lambat, karena RAM juga akan di sisihkan buat sampah itu, 
mengatasi nya kamu harus rajin membersihkan File sampah di Recycle Bin, dan lakukan defragment(lakukan 4bulan sekali atau 6bulan sekali jangan sering-sering karena akan merusak HDD) dan bersihkan juga pada regisrty atau Regedit, gunakan software utility, software Wise Registry Cleaner bisa juga menjadi pilihan buat anda 


4.Terlalu banyak instal Antivirus.
Pada laptop, kita tidak disarankan untuk menginstal antivirus lebih dari dua. Apabila sudah lebih dari 2 biasanya akan terjadi ketidakstabilan. Antivirus bekerja secara bersamaan akan bentrok sehingga sistem akan terganggu yang berdampak pada kinerja laptop/PC yang menjadi lambat.
cara mengatasi nya ya di uninstal Antivirus yang lebih low, dan jika kamu membuat ganda(2) antivirus, sebaik nya gunakan Antivirus Medium dan Good, karena biasa nya jika kamu menginstal AV Good dua dua nya, seperti Avast dan Avira, itu akan membuang memori kamu dengan percuma, karena antivirus nya bisa membuat komputer kamu lambat, sebaik nya sih instal 1 saja


5.Overheat (Kepanasan).
Overheat bisa terjadi akibat kinerja yang keras dan terlalu lama. Sirkulasi udara pada laptop/PC yang kurang baik menyebabkan beberapa komponen yang ada pada laptop, seperti HDD,VGA, dan processor akan menjadi cepat panas, dan jika hal itu sering terjadi, maka lama kelamaan, Komponen itu akan Down dan akhir nya Rusak
Cara mengatasi nya : usahakan jika kamu memang harus memaksa kinerja laptop dengan maximal, maka kamu harus memperbaiki sirkulasi udara, seperti Memasang Fan Tambahan, namun itu bukan menjadi kemungkinan bahwa laptop kamu akan aman, karena Kemampuan Komponen laptop tidak lah Bagus (sebagus komponen PC) jadi Laptop harus lah selalu dalam keadaan stabil (tidak bekerja secara berat terus menerus)


6.Virus, spyware, dan malware.
Mungkin bisa dikatakan ini bisa dijadikan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja laptop. Virus yang terinfeksi di setiap partisi harddisk akan menimbulkan kinerja laptop yang tidak optimal.Virus ini akan menyerang semua Partisi, dan melumpuhkan aktivitas windows,walaupun dalam jangka waktu relatif lama
cara mengatasi nya sebelum terjadi kamu harus persiapkan Antivirus yang Medium atau Good seperti Avast, Avira bisa menjadi pilihan anda, dan jangan lupa untuk meng Update definisi Virus, bila perlu Versi Program, agar memastikan, bahwa virus spyware,malware,dll yang baru sudah bisa di atasi oleh Antivirus nya,
jika kamu sudah terserang, maka bersihkan Virus dari Akar, jika sudah parah, maka cara selanjutnya backup data anda, lalu scan ke PC / laptop yang bersih, dan memiliki Antivirus yang update, dan lakukan scan, bila perlu scan di PC atau laptop yang ada Deepfreeze nya, agar lebih safe, setelah itu delete semua partisi dan instal ulan, lalu copy data backup tadi , dan jangan lupa untuk menginstal Anti virus yang terupdate


7.banyak nya sarang laba-laba / debu yang menempel di rangkaian.
ini juga akan mempengaruhi kinerja laptop/PC kamu, dengan banyak nya debu, maka sirkulasi Udara pada laptop/pc kamu menjadi buruk, walaupun kamu memasang FAN tambahan, mala Fan nya akan menjadi ikutan berdebu, jika Fan sudah berdebu, maka angin yang di hembus juga menjadi lebih panas, kalau mau bukti, coba hidupkan Fan yang berdebu dan yang tidak, dan arahkan angin ke tangan atau bagian tubuh kamu, lihat perbandingan nya, akan lebih panas Fan yang banyak debu nya :)
cara mengatasi, Bongkar casing, lalu bersihkan semua komponen 


8.Usia laptop.
Hal ini mungkin saja bisa menjadi penyebab kinerja laptop yang lambat. Bukan tidak mungkin bila ada beberapa komponen laptop yang usianya sudah memang harus diganti dengan yang baru, misalnya saja RAM atau processor atau yang lain yang sudah Rusak di makan oleh usia dari komponen. Namun, ini jarang terjadi bila kita benar menggunakan laptop. lakukan perawatan agar hal ini tidak terjadi, nomor 1-7 bisa menjadi materi referensi anda.


Semoga Artikel Ini bisa bermanfaat bagi Sobat TKJ, dan Terimakasi Atas Kunjungan nya, jika ada yang ingin di tanyakan atau ingin menyampaikan aspirasi kepada Admin atau juga penulis boleh berkomentar,
saya mengharapkan Komentar dari teman-teman semua, agar blog TKJ Ini bisa lebih maju lagi dalam membuat Artikel yang bermanfaat bagi Pembaca, dan Sobat TKJ :)
salam TKJ jangan pernah menyerah merai Ilmu kawan :)

Ditulis Oleh : Yudha Situmorang ~ Komunitas Anak TKJ

Yudha situmorang Sobat sedang membaca artikel tentang memperbaiki Masalah PC yang sering panas dan lambat, dan cara merawat PC atau laptop dengan benar. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya Review oleh: Yudha Situmorang
Update pada: 12:29 PM | Rating: 4.5

51 comments:

  1. makanya saya selalu siap sedia software utilities ( maklum newbie ) hehehe

    jadi lebih mudah untuk mengontrol keadaan komputer

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana ada newbie seperti kamu sob... :D hahaha saya jd malu ni,.. maaf ya postingan saya alakadar nya :)

      Delete
  2. gan saya mau nanya masalah office word 2007 , pas saya buka beberapa detik kursor tiba- tiba tidak bisa degerakkan di word 2007 , sering terjadi begitu pada word 2007 saya kira officenya yang rusak , terus saya install kembali tiba - tiba sama saja kursornya tidak bisa digerak - gerakkan padahal excelnya normal digerakkan kecuali wordnya .... kenapa ya gan saya jadi bingung
    terimah kasih gan mohon bantuanya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aneh kalau hal itu terjadi hanya di Ms.word berarti yang rusak itu data insllater bagian ms.word nya, coba pakai CD lain, tapi instal nya kostum aja, dan cuma instal word saja, semoga bisa...!

      Delete
    2. sepertinya ada terjangkit virus tuh sob,, menurut pengalaman,,

      Delete
    3. boleh jadi ^
      thank's gan buat komen nya :)
      salam kenal ya :)

      Delete
  3. mas numpang tanya ya, laptop saya kenapa ya sering lemot2 gtu pada semua aplikasi apapun. kejadiannya nih abis saya salah instal software.waktu saya instal software untuk pc 64 bit. laptop saya crash soalnya laptop saya untuk 32 bit. abis itu saya restart dan sampe sekarang lemot2 gni... masalah dimana ya mas? saya udah instal ulang masih kyk gni....apa masalah di RAM crash ya?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharus nya gak bisa nginstal software yang 64 bit di 32 bit, tapi emang sih ada beberapa software yang kadang mw terinstal, dan itu akan mengganggu kinerja RAM kamu, karena RAM berusaha untuk mencapai kemampuan ter atas untuk mengimbangi si software tsb, tapi kyk nya klw hal itu gak jadi masalah, yang mungkin software itu membawa virus, yang antivirus kamu gak bisa baca, karena anti virus kamu yang gak ter update,...

      lemot nya gmn ?? nge buka aplikasi apa pun lama loading nya atau terbuka cepat, tapi langsung not responding ??? coba ciri2 lemot nya lebih spesifik, soal nya bukan cuma hardware yang bikin lemot, tapi software juga bisa jadi

      Delete
    2. Lemotnya gini mas, pas saya jalanin aplikasi... apapun , aplikasinya jalan tapi ada delaynya, setiap 5-6 detik dia ngelag /diem 1 detik abis itu jalan lagi kayak biasa 5- 6 detik lagi... terus brulang ulang... saya udah cek ram.. make memtest, Hdd make Hdd sentinel semuanya fine2 aja, instal ulang juga udah, tapi msh kayak gni mas ...saya jadi bingung....

      Delete
    3. owh begitu toh... Laptop nya uda ada 1 tahun lebih kah ??
      kalau uda ada 1 tahun itu biasa, itu karena kepanasan aja,...
      ruang pada laptop sangat minim, jadi klw gak di bantu dengan pendingin ya bakal lebih parah...
      klw berani buat pasta di prosesor dan main board nya.. tapi klw pakai pasta gigi jangan di hidup kan dulu tunggu sampai pasta nya kering,.. tunggu aja sampai kurang lebih 12 jam

      terus setiap menghidupkan harus pakai cooler

      Delete
    4. iya mas udah 1 tahun....saya coba deh make cooler... tapi buat yang make pasta ngeri saya.... ke hardware .soalnya saya beraninya kalo perbaikan ke software doang mas... belum hatam hardware...kalo nambah ram gimana menurut mas?ram saya 2 GB ?

      Delete
    5. boleh2 aja sih, klw nambah RAM berarti mengurangi kinerja Prosesor sedikit, jadi panas nya akan lebih berkurang....


      btw Laptop kamu merek apa ?

      hehehe suru aja teknisi masangin pasta di prosesor nya, biar lebih bagus pembuangan panas nya.. jgn lpa juga bersihin tu FAN nya.. pasti uda banyak debu :)

      Delete
  4. lm knl gan. Maaf mo tnya neh.. lettopku akhir2 ini jd leled, pdhl sblmnya gk kygini. Sdh d scan antifirus ttp aj. Tlng solusinya gan …trims bnyk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akibat laptop LELET itu sirkulasi udara pada laptop tidak bagus,panas,hardware mulai down jadi tambah cooler atau pendingin

      bersihkan HDD defrag, mungkin sudah terlalu banyak file sampah di HDD itu juga bisa jadi, coba software utiliti untuk scan file2 windows yang mungkin ada yang rusak semoga membantu

      Delete
  5. mas mau tanya nih, laptop saya dipakai agak keras yaitu durasi dipakainya bisa lama. sebelum install semacam utilities, laptop saya performa nya biasa, booting jg standar. tapi setelah di install knp malah booting ny jadi makin lama, dan kadang waktu utilities melakukan live optimalization yang terjadi adalah lag kinerja pada laptop.

    dan lagi tiba2 lan ethernet saya ngga bisa mendeteksi koneksi, padahal udah di troubleshoot dan lain2 kondisi hardware masih ok. selalu muncul unidentified network, sudah coba semua tips yang saya search tapi nggak efek apa2. mohon dibantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya saya paham yang buat loading booting lebih lama setelah di instal utiliti itu karena waktu booting laptop kamu juga bakal meload softawre utiliti itu sebelum tampil ke windows cara mengatasi nya hapus ceklist pada startup system config nya cara nya ketik di RUN msconfig ENTER terus pada tab Start Up hapus semua ceklist kecuali untuk software yang di butuhkan aja misal Anti virus, IDM dan lain nya


      klw utiliti lagi optimasi sebaik nya jgn buka apa2, karena utiliti sedang bekerja mengecek software dari laptop, dan sementara kamu juga membuka software yang sedang di cek jadi bentrok gan


      klw Network sering Unidentified biasa nya klw LAN karena kabel nya yang Longgar, maksud saya semacam menggunakan Kabel UTP dengan konektor RJ 45 nah antara konektor dan kabel tidak terlalu ketat jadi ketika di gunakan sering unidentified dan kadan konek...

      Delete
  6. Komputer sya lelet, memr.hardisk pnuh .sya pksakan dgn pc optimesr sya stel brute force/maxsimum cepet sih tapi kok cpu nya jadi kenceng dengungnya . Takut meledak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena PC uda tua X :P

      hahaha ya uda di tambah aja cooler aja,... sama gan kyk laptop ane, tambah pendingin jadi lebih lumayan...


      Delete
  7. Mas kalo mau tanya soal antivirus boleh gak? Jadi gini, aku punya antivirus avira. Tapi kemaren itu aku disable jadinya ilang. Mau aku enable lagi tapi gak tau nyempil di mana dia. Udah aku search lewat menu start tapi tetep gak ada. Tapi pas masuk uninstall program dia ada. Dan masalahnya, di menu program and features itu gak ada change atau repair. Cuman ada uninstall aja. Jadi gimana itu mas? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lihat di C > Program files > Avira > file Exe nya

      setelah di klik file exe nya lalu enable lagi

      Delete
  8. ms nebook sy gx bsa buka windows

    gymna tuh mas??????
    plizzzz bls dnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. knp kok gak bisa masuk windows ??? sebelum nya ngapain kok bisa begitu ??

      kalau gak tau ngapain sebelum terjadi itu, ya saran saya instal ulang atau repair saja, klw masalah data nya yang di C, agan bisa backup dl dengan cara install windows live CD atau windows live usb, atau pakai hiren's boot
      cara nya windows live bisa anda lihat di
      http://yudhacomunity.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-windows-xp-live-cd.html
      dan
      http://yudhacomunity.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-windows-live-usb.html

      selamat mencoba :)

      Delete
  9. Boleh nanya ya,,,! Mas knpa setiap kali sya mnjalankan Office Word, Excell dll,,, walaupun sudah kebuka sempurna tapi kursornya tetap aja loading,,, cuma berubah ke kursor panah stengah detik aja abiz itu loading lagi,,, gitu seterusnya,,,,

    Thanks sebelumnya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di Performance taksmanager agan sewaktu membuka file itu, cara nya tekan tombol ctrl+sift+esc terus klik tab performance, lihat berapa persen tapi ketika lagi buka Ms.office klw misal nya besar persen nya, berarti sudah bisa saya pastikan klw PC agan tidak kuat menggunakan Office tersebut... di cek dl... klw sudah begitu, ya agan harus menambahkan spesifikasi atau membuat pendingin tambahan

      Delete
  10. Maaf mas mw tanya, kenapa ya PC saya Booting nya Lama bgt dan Gak bsa di skip. Saya Udah coba tambah RAM nya Tetap aja gak bsa, saya coba atur Enable booting Self Power di CMOS juga gak bsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba instal ulang.. itu bagian regedit nya yang salah..

      coba googling dengan keyword cara mempercepat booting dengan regedit

      Delete
  11. gan aku mo tanya 2 nih
    kalo kmputer cuma buat maen game2 besar itu caa merawatnya gmana ya???
    formatnya PS 2 semua

    ReplyDelete
  12. ya tambahin pendingin nya di CPU, sedingin2 nya lah buat suhu nya, biar gak cepat down

    spek nya di naikin, jgn sampai mainkan 2 atau lebih game berat sekaligus

    ReplyDelete
  13. Npang Tanya MASbro..

    CRA benerin leptop BIar main game PES12 gk Patah2?.....

    PDAhal SPek laptop sya Udah lebih DRi yg diperlukan UNtk main gme itu

    mohon bantuannya!......

    ReplyDelete
    Replies
    1. uda install driver VGA nya belum ???

      coba agak di jelaskan dikit sama spesifikasi laptop, terus asal main game berat laptop mengeluarkan bunyi yang lumayan terdengar gak ? terus rasakan udara di pembuangan apakah panas ??

      Delete
  14. Agan numpang nanya nii komp.aq di tampilan biosnya itu.ket :
    Unknown CPU detected.BiOS update is required to unleash its full power CPU Over temperture Error!
    No IDE master H.D.D. Detected!
    Press F1 to resume
    pdhal dh aq resume > HKSDS lupa tulisannya :D .... Dh ok
    tampil deh system is NTFS pdhal sblumnya gk kek gth..masuk laah ke windows gk lama kemudian kompi nya mate lagi tolong bimbingannya agan..
    Atau bisa di balas ke almt gmail aq
    bowotyo3@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow salah langkah bisa buat MOBO CO.ID (koid) mending ke service center aja biar lebih aman

      Delete
  15. gan mau nanya setiap saya buka hdd saya sealu lemot dan selalu minta restart window,dan buat muter film aja lelet nya minta ampun,kasih petunjuk dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa terjadi karena 2 sebab mas bro.. bisa karena virus, atau bisa karena hadisk nya yang sudah lemah...

      coba download anti malware terbaru bisa juga malware-byte klw uda di download, coba jalankan komputer dari safe mode with networking, terus install itu anti malware nya, masukkan setelah di install, colok hardisk nya, terus scan hardisk nya pakek itu...

      klw ada virus, remove virus nya,.. setelah itu tidak ada juga perubahan berarti hardisk kamu sudah lemah (minta ganti baru)

      Delete
  16. tumpang tnya bro..sya nak blajar tntg system dalam komputer??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu nak belajar system dalam komputer, pilih dahulu operating system yang ingin kamu pakai
      tetap semangat

      Delete
  17. Min numpang nanya.
    pas ak main PES 13 biasanya sihh gk nge-lag, tapi skararang kok tiba2 jadi patah2 ya??? Ak udah delete file2 yg gk penting msih tetep aja.
    Mohon solusi ny min :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. driver vga nya uda di install blm ?
      hardware ny uda mulai rusak / melemah bro...

      Delete
  18. numpang nanya
    setiap kali gw tinggal laptop gw, cursor nya jadi lambat digerakkin.. padahal sebelum saya tinggal cursor nya normal2 aja...
    begitu juga saat saya nnto video.., setelah video selesai atau masih stngh nnton video nya.. cursornya jadi lambat
    tiap kali pasti gitu..
    Solusi nya dong minn

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bersihkan PC secara software dengan tools utility, terus hdd nya di defrag...
      klw tetap, coba deh install ulang terus defrag..
      klw tetap juga berarti hardware nya uda kurang normal... (uda mulai rusak

      Delete
  19. mau nanya, kalau laptop ane kok aneh ya? utk main game gta 3 patah2, tp gta vice city ga ada masalah, kira2 kenapa y? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh...
      game gta 3 nya pakai emulator gak ?
      spek kamu gmn bro ?

      Delete
  20. mas mau tanya,laptop saya asus n 43 sl,spesifikasinya:
    core i3 2,1 GHz
    HDD 500giga
    RAM 4giga
    VGA nvidia geforce GT540M Cuda 2giga

    awalnya buat maen pes 2013 fine aja,lancar jaya bro..
    tapi belakangan ini maen pes 2013 dapet 5 menit langsung lag gitu dan kalo dipaksa trus maen lag nya parah
    setelah aku coba cek,ternyata suhunya panas banget
    aku coba pasang fan juga maen pes udah gak bisa lancar lagi

    solusinya gimana ya bro?

    trims dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,.. itu mah laptop yang mulai rusak...
      laptop bukan utk main game bro, klw mau main game, pakai PC aja
      saran saya ya itu...
      beli pc aja buat main game,...

      Delete
    2. bukannya memang didesain untuk nge game atau untuk program yang berat mas kalo dg spek begitu?
      adakah kemungkinan hardware saya rusak?
      soalnya sebelumnya panasnya gak separah ini

      trims pencerahannya

      Delete
    3. penjelasan nya, dari awal pembuatan laptop, laptop tidak di rekomendasikan untuk bermain game, karena size nya yang pas pas an, sehingga sirkulasi udara nya sangat sulit, di tambah lagi, hardisk yang mengandalkan putaran piringan, RPM hardisk pada laptop lebih rendah dari pc, jika semua nya di paksa dalam keadaan MAX, maka lambat laung hardware akan rusak, ditandai dengan yang agan alami sekarang, hardware cepat panas, atw bisa di bilang hardware overehat, jangan sampai overload, yang bisa mengakibatkan hardware terbakar,...
      klw mau main game saran sih pakai PC, selain harga lebih murah, ruang sirkulasi nya lebih bagus dari laptop, dan size masing2 hardware nya cukup besar, yang dimana ruang buat udara panas itu lebih besar....
      karena setiap hardware yang bekerja itu pasti menghasilkan energi panas, dan jika energi itu tidak di olah lagi, maka energi panas nya semakin banyak, dan mengakibatkan overheat / overload
      klw kurang jelas, bisa komen lagi mana yang kurang jelas :)
      terimakasi uda berkunjung ya gan

      Delete
  21. Halo mas, sy problemnya sama dg mas isoftware, merk ASUS N43SL core i3 dengan spek yang sama, buat main PES 2013 sudah coba segala settingan dari low sampai high, dari resolusi kecil ke besar, setiap main saya kasih kipas angin, sampai saya coba overclock GPU-nya pakai nvidia inspector tetap saja lemot kalau buat main.
    Prediksi saya sih memang karena overheat karena dulu keseringan buat main PES. Pertanyaannya kalau diservis (dalam arti tidak ada penggantian hardware) apakah bisa sembuh lagi mas? atau ada cara lain buat benerinnya? trima kasih

    ReplyDelete
  22. Gan, lepi ane umurnya 4 tahun,
    Acer aspire,
    Core i5, 2,4 GHz
    RAM 4 GB
    Free space HDD 40%
    Optic Drive dah ganti 2 tahun lalu
    HDD dah pernah ganti 2 tahun lalu

    Pertama beli ane pake windows XP pro sp3 buat gawe (banyak program berat) gak ada masalah. Speed prosesor 2,1 - 2,6 GHz, rata - rata 2,3 GHz.

    Dah sebulan ane coba pake windows 7 ultimate buat kerja kantoran (program ringan) tapi lepi jadi panas banget (keyboard ama mousepad ). Speed prosesor selalu overclock nyampe 2,6 GHz walaupun cuman buat browsing. Temp CPU ampe cepek.

    CPU usage 7%, memry usage 50%.

    Punya saran, Gan?

    Makasih banyak Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih, klw memory usage pada win 7 itu lebih besar, biasa tanpa buka program apa2 saja sudah memakan 500 sd 1GB Ram
      setau ane gt.. klw mau pindah aja ke XP SP3 lagi :D :P

      Delete
  23. gan kalo saya pas main game lost saga dll pkok x game online pas udah masuk langsung lag dan patah ap ut solusi x tlong ksih tau ya !!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena internet nya yg lola gan.. klw cuma game online aja yg begitu... :)

      Delete

Mohon baca aturan berkomentar
berikan komentar anda tentang postingan saya
jangan lupa untuk kembali ke blog saya ya, dan jangan lupa di follow

Mohon bagi para pengunjung yang terhormat jangan komen SPAM, SARA,Promosi dan lain-lain yang dapat menggangu kenyamanan pengunjung lain. komentar yang melanggar tidak akan saya terbitkan
Mohon kerja sama nya...



Terakhir Live Link di komentar akan terhapus secara Otomatis, jadi jangan Live link di komentar kalau Ingin Backlink silahkan Ke blog saya satu lagi Blog Dofollow PR 1 di share-ilmutkj.blogspot.com
Namun yang bisa komentar hanya yang sudah memfollow blog tersebut
terimakasi dan salam kenal

 
Copyright © 2013. Komunitas Anak TKJ . All Rights Reserved
Home | Contact Us | About Me | Privacy policy | Disclaimer | Site map
Design by Yudha Situmorang .