Responsive Ads Here

Sunday, June 23, 2013

Cara Mengatasi Apache yang Error (Apache Shutdown Unexpectedly)

uda lama gak ngepost jadi ini postingan iseng2 aja, tadi entah kenapa XAMPP saya bermasalah pada APACHE, kita tau bahwa APACHE itu adalah WAJIB dalam XAMPP, tanpa itu XAMPP tidak bisa di install, masalah nya bukan APACHE yang tidak bisa di install, melainkan APACHE saya tidak bisa di start, bingung banget, saya teliti teliti, eh ada pesan error nya kurang lebih seperti ini


Error: Apache shutdown unexpectedly.
4:53:53 PM  [Apache]     This may be due to a blocked port, missing dependencies,
4:53:53 PM  [Apache]     improper privileges, a crash, or a shutdown by another method.
4:53:53 PM  [Apache]     Check the "/xampp/apache/logs/error.log" file
4:53:53 PM  [Apache]     and the Windows Event Viewer for more clues
saya kan gak ngerti bahasa inggris tu, tp tak baca ada kata blocked port wah berarti PORT Apache nya di uda terblokir, (sudah ada software yang menggunakan Port nya) dan saya lihat lihat, eh ternyata emang ia sih, saya menggunakan program untuk internetan geratis, jadi mau gak mau harus di akali deh dari pada saya gak bisa OL gratisan ?? mending cari solusi lain :D hehe terus saya baca lagi di pesan error nya ada kalimat seperti ini Check the "/xampp/apache/logs/error.log" file saya inisiatif memeriksa file error.log karena sangkin lugu nya tu gak ngerti bahasa inggris, tp tau la bahasa indonesia nya check jadi saya cek deh file nya di folder di atas, eh tau nya gak ada file error.log, saya di tipu karena sangkin polos, gak kepikiran klw file .log itu bisa nya berisi laporan laporan gitu, jadi untuk apa di periksa ? di periksa juga mana ada di situ yang harus di perbaiki, wong mentuk laporan (output) jadi yang harus di perbaiki itu ya pemperoses la, karena bingung akhir nya googling dan dapat solusi, simpel banget bro solusi nya cuma tambahin komen # pada file httpd.conf mau tau cara nya ??
ok ini dia solusi nya

  • buka folder C:\xampp\apache\conf dan klik kanan file httpd.conf open with notepad atau pembuka text script lain nya seperti Dreamweaver dan yang lain nya la...
  • lalu cari code LoadModule ssl_module modules/mod_ssl.so
  • agar lebih mudah pakai find ctrl+F klw sudah ketemu coba tambahin tanda # di depan code yang tadi di cari jadi #LoadModule ssl_module modules/mod_ssl.so
  • dan coba start apache, klw gak bisa wah gak mungkin :P haha lihat gambar di bawah ini
Sekian lah artikel saya, semoga bisa bermanfaat bagi sobat sobat sekalian.. jika ingin blog nya saya kunjungi, berkomentar lah dengan sopan dan sesuai aturan,.. saya tidak memperbolehkan live link, jika kamu sopan saya segan salam blogger dan tetap semangat